Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

4 Tips Menjadi Dropshipper Tanpa Modal Tapi Tetap Untung

2 min read

Dalam era digital seperti sekarang ini banyak sekali bentuk usaha online bermodalkan Hp Pintar yang dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Meskipun memulai usaha tanpa modal terkesan mustahil, didukung dengan banyaknya aplikasi belanja online yang tidak perlu dikhawatirkan lagi terkait ke konsumen pasarnya anda dapat menjadi salah satu bagian dari penyedia barang yang dibutuhkan konsumen.

Sebagai calon pembisnis kita wajib dapat memilah-milah kiranya mana bentuk usaha yang bisa kita jalankan dengan segala keuntungan dan kekurangan dari masing-masing usaha tersebut.

Jika kita seorang yang baru akan memulai bisnis tetapi memiliki keterbatasan terkait modal tidak usaha berkecil hati, banyak diluar sana bisnis online yang tidak perlu modal besar tapi tetap dapat menghasilkan untung besar jika kita menjalaninya dengan konsisten dan serius. Salah satu jenis usaha tersebut adalah Dropship.

Berikut Tips Memulai Usaha Dropship Tanpa Modal Tapi Tetap Untung

Dropship sendiri dapat diartikan sebagai bentuk usaha yang melibatkan 3 pihak yaitu Supplier, Pembeli dan Dropshipper. Dropshipper dapat disebut sebagai pihak ketiga dalam berjalananya transaksi jual beli tersebut. Mungkin lebih dikenal Reseller dibandingkan dengan dropshipper.

Tapi jika diperhatikan lebih dalam Reseller dan Dropshipper itu merupakan 2 jenis usaha yang berbeda, Mengapa demikian? Karna dropshipper tidak perlu menyediakan stok barang, lokasi penjualan, modal dalam bentuk uang untuk membuat suatu produk dan hanya 2 yang perlu diperhatikan seorang dropshipper yaitu Cara memasarkan produk yang telah ia pilih untuk dijual dan memilih supplier yang terpercaya.

Usaha dropship ini bukan tanpa aturan, seorang dropshipper harus pintar-pintar memilih produk dan supplier yang akan di tawarkan atau dipasarkan sebagai produk dropship nya. Usaha dropship pun memiliki keuntungan antara lain produk yang di jual akan lebih bervariatif, bisa dilakukan dimana saja dengan catatan jaringan internet yang stabil, tidak perlu modal, tidak terikat dengan satu merk atau produsen saja juga kita dapat menentukan sendiri apa yang sedang banyak di cari lalu kita pilih sebagai produk yang kita pasarkan.

4 Tips memulai usaha Dropship.

Tentukan jenis barang yang akan dipasarkan

Usaha dropship merupakan jenis usaha yang dapat menawarkan berbagai jenis pilihan barang. Tidak perlu dikhawatirkan jika memiliki banyak pesaing saat memasarkan barang-barang tersebut, jikapun kurang diminati anda tidak akan mengalami kerugian hanya saja keuntungan yang anda peroleh lebih sedikit dibandingkan anda memilih barang yang sangat banyak diminati.

Sebut saja beberapa contoh jenis barang yang biasanya banyak diminati oleh para dropshipper seperti Produk kecantikan, Produk Fashion, Produk Kebutuhan Bayi, Makanan, Accessories Wanita dan masih banyak lagi tentunya.

Saat anda ingin menentukan merk produk apa atau supplier mana yang akan anda pilih sebagai relasi kiranya anda harus melalukan pengamatan dulu terkait seberapa digemarinya produk tersebut, terkait jumlah stok jika seorang supplier memproduksi barang, pelayanan yang diberikan si supplier.

Jangan sampai saat anda sudah memasang iklan suatu produk tetapi produk itu malah sudah tidak tersedia lagi di supplier tersebut atau pelayanan yang kurang memuaskan dari supplier itu sendiri ketika anda akan melakukan transaksi.

Keuntungan seorang dropshipper, mereka juga dapat memasarkan semua jenis barang yang berbeda hanya dalam satu toko yang dibuat di aplikasi belanja online.

Tentukan Marketplace  yang menyediakan layanan Dropship

Banyaknya bermunculan situs belanja online sangat menguntungkan bagi seorang dropshipper dalam memperoleh barang yang akan dipasarkannya. Sebut saja saat ini Seperti Shoppe dan bukalapak.

Menurut pengamatan saya diantara banyaknya marketplace online saat ini, Shoppe dan bukalapak yang paling mudah digunakan dalam jenis usaha dropship. Karna dalam aplikasi tersebut tersedia pilihan “Dropship” yang membuat barang dapat dikirim ke pembeli tanpa mencantumkan nama online shop tersebut melain nama si dropshipper.

Selain kedua martketplace online tersebut sebenarnya anda juga tetap bisa menggunakan marketplace lain seperti tokopedia atau lazada hanya saja sistemnya berbeda. Anda tidak bisa menjadi dropship melainkan membeli barangnya saja di marketplace tersebut lalu selanjutnya anda dapat mengirimkan ke si pembeli.

Guna memperoleh keuntungan yang besar anda perlu menentukan marketplace mana yang anda pilih sesuai dengan target pasar anda.

Gunakan Aplikasi Penunjang

Karna usaha dropship itu salah satu keuntungannya anda dapat memasarkan banyak pilihan produk, ada pula kelemahannya. Jika barang yang anda pasarkan terlalu banyak anda akan kesulitan untuk memasukan data ke aplikasi belanja tersebut.

Memasukan foto produk satu per satu, menuliskan detail produknya. Itu akan menjadi tugas besar seorang dropshipper. Tapi jangan khawatir, anda dapat menemukan beberapa aplikasi pendukung untuk para dropshipper dalam mengunggah semua data juga foto terkait produk mereka di marketplace pilihannya.

Ada beberapa software yang tersedia untuk menunjang pekerjaan dropship ini seperti Dutchscraper, Dropship Engine dan Dropship Kit. Untuk masing-masing cara pengaplikasiannya anda dapat mencobanya langsung.

Lakukan Promosi

Tugas yang lebih berat untuk menjalankan usaha Dropship adalah memasarkan produk itu sendiri. Seringkali seorang dropshipper harus berusaha lebih ekstra dalam menawarkan semua produk yang ada dengan banyak sarana media sosial. Dianjurkan seorang dropshipper harus banyak membaca strategi-strategi Digital Marketing untuk menjalankan usaha mereka dan agar mendapatkan untung besar.  

Usahakan untuk membuka usaha atau menentukan produk yang dipasarkan sesuai dengan kemampuan, kegemaran dan hobi yang anda geluti agar usaha tersebut dapat terus berjalan dan memberikan keuntungan yang banyak. Selamat mencoba!

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *