Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Dilema antara Menjadi Pegawai atau Pengusaha

4 min read

Pegawai ataupun pengusaha merupakan dua jenis profesi yang sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Disetiap kekurangan dan kelebihan seharusnya jika bisa diatasi dan dimaksimalkan tentunya akan membawa dampak baik bagi pelakunya. Tidak ada profesi yang tidak memiliki kekurangan dalam menjalaninya. Jika anda pernah merasa Dilema antara menjadi Pegawai atau Pengusaha itu berarti anda berada di fase krisis pengembangan hidup. Coba simak beberapa pertimbangan antara menjadi pegawai atau pengusaha.

Definisi pegawai adalah seorang yang melakukan pekerjaan atau bekerja pada suatu pemberi kerja yang didasari oleh perjanjian atau kesepakatan kerja secara tertulis maupun tidak untuk melaksanakan suatu pekerjaan dalam jabatan atau kegiatan tertentu dan memperoleh imbalan atas pekerjaannya tersebut.

Sedangkan pengusaha atau biasa disebut wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Perbedaan yang sangat menonjol antara seorang Pegawai dan Pengusaha ialah ikatan kerja. Seorang Pengusaha tidak terikat akan suatu perjanjian yang mengharuskan dia mengikuti itu agar apa yang menjadi hak nya terpenuhi.

Menjadi Pegawai dan Pengusaha sama baiknya. Tidak ada salah satu diantaranya itu yang dapat dipandang rendah. Apabila anda menjalani setiap profesi dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi pastinya hasilnya akan memuaskan.

Berikut merupakan Uraian antara Menjadi seorang Pegawai dan Menjadi seorang Pengusaha

Seorang Pegawai

Pegawai dapat di bagi menjadi dua yaitu pegawai swasta dan pegawai negeri. Beda diantara duanya adalah status perusahaan atau badan usaha yang mempekerjakan mereka. Tentunya kalian sudah mengerti mana yang dapat disebut pegawai swasta mana yang dapat disebut sebagai pegawai negeri.

Keduanya pastinya memiliki tanggung jawab dan keuntungan yang berbeda juga. Saat anda memutuskan bekerja di perusahaan swasta maka anda akan lebih memiliki tugas berat dalam memajukan perusahaan tersebut. Terutama perusahaan yang masih tergolong merintis dari bawah.

Beda cerita jika anda adalah seorang pegawai negeri sipil. Anda memiliki tanggung jawab untuk menjalani aturan yang sudah ditetapkan pemerintah dan orientasinya bukan pada keuntungan perusahaan melainnya kesejahteraan penduduk.

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari sisi seorang pegawai;

Kelebihan

  • Penghasilan yang pasti

Menjadi seorang pegawai tentunya anda akan menyepakati apa yang akan anda dapat dari perusahaan tersebut sejak niat awal anda bergabung. Anda tidak perlu cemas bahwa anda tidak akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya, semua sudah tertulis jelas pada surat perjanjian kerja yang anda sepakati dengan perusahaan. Terkait berapa besar penghasilan anda tiap bulan, besar bonus yang akan anda dapat. Semua itu sudah ada kesepakatannya.

  • Kenyamanan lingkungan kerja

Bekerja menjadi seorang pegawai itu artinya anda akan berhadapan dengan ruang kerja yang tetap. Lingkungan kerja yang dimaksud ialah sesama karyawan yang pastinya akan anda kenal satu persatu seiring berjalannya waktu anda bekerja disana. Nyaman atau tidak nya lingkungan kerja anda itu dapat anda ciptakan dan bentuk sendiri. Terkadang ada juga seorang pegawai yang merasa tidak nyaman akan ruang lingkup pekerjaannya. Itu mungkin tergantung bagaimana anda memahami lingkungan kerja anda.

  • Jaminan – Jaminan yang disediakan

Pada saat anda bergabung pada suatu perusahaan biasanya ada jaminan-jaminan yang sudah disediakan oleh perusahaan tersebut. Biasanya bentuk jaminan tersebut adalah jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiunan dan beberapa jenis jaminan lainya. Tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

  • Jenjang karir

Sebagai seorang pegawai anda akan dihadapkan pada jenjang karir. Jenjang karir tersebut akan mempengaruhi sebesar besar penghasilan anda. Jika anda berhasil menjadi seorang pegawai yang teladan dan disiplin sering kali anda akan mudah mendapatkan promosi jabatan. Jenjang karir ini menjadi sangat penting apabila anda memang tipe orang yang memiliki ambisi, tidak mudah puas dan selalu memiliki target pencapaian.

  • Citra baik di lingkungan sekitar

Jika anda didaulat menjadi seorang pegawai terlebih anda bekerja di suatu perusahaan bonafit bergengsi maka anda akan dinilai beruntung oleh beberapa rekan dilingkungan anda. Citra baik sebagai seorang pegang yang bekerja dikantoran, gedung bertingkat biasanya lebih unggul. Padahal tidak semua pekerjaan yang menghasilkan gaji besar bersumber dari lingkungan kerja yang bagus.

Kekurangan

  • Waktu kerja yang monoton

Saat anda memilih pekerjaan menjadi seorang pegawai maka anda akan di hadapkan pada aturan yang dibuat perusahaan tersebut. Aturan yang dimaksud ialah aturan jam masuk dan pulang kantor, jam istirahat, hari libur, dan jatah cuti diluar hari yang sudah ditentukan di kalender. Tetapi tidak jarang perusahaan juga menuntut anda bekerja diluar jam kerja yang disebut kerja lembur.

  • Semua tindakan harus berdasarkan persetujuan atasan

Pengambilan keputusan dalam menghadapi suatu situasi di perusahaan biasanya akan melibatkan atasan-atasan tertinggi dalam peruahaan tersebut. Anda tidak bisa dengan kebijakan anda sendiri mengambil keputusan dengan alih-alih dalam keadaan yang mendesak, sebab jika anda melakukan itu tidak menutup kemungkinan apabila keputusan yang anda ambil tersebut salah maka anda akan mendapatkan masalah yang besar. Pemecatan sepihak juga bisa saja anda alami dalam  hal ini, padahal mungkin maksud dan tujuan anda demi kebaikan perusahaan.

  • Berpacu pada kinerja orang lain

Dibanding-bandingan dengan pegawai lain merupakan hal menyebalkan yang harus anda terima jika menjadi seorang pegawai. Hal itu dimaksudkan memacu kinerja anda agar lebih. Masih banyak lagi perlakukan yang mungkin tidak sesuai dengan kemauan anda yang ditujukan untuk hal yang sama.

Seorang Pengusaha

Pengusaha atau wirausahawan dapat dilakukan setiap orang. Membangun usaha mandiri ataupun berkelompok bisa menjadi pilihan masing-masing. Jika menjadi seorang pegawai memiliki kelebihan dan kekurangan maka menjadi seorang pengusaha pun seperti itu. Berikut merupakan kelebihan dan kekurang menjadi seorang pengusaha

Kelebihan

  • Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita

Jika anda memutuskan menjadi pegawai berarti anda bertanggung jawab atas apa yang anda cita-citakan. Semua bisa anda lakukan dalam upaya mewujudkan cita-cita tersebut. Anda menjadi satu-satunya yang berhak menentukan langkah apa yang akan di jalani kedepannya.

  • Kesempatan untuk menciptakan perubahan

Biasanya seorang pengusaha itu identik dengan banyaknya perubahan. Perubahan ia dapat dari pola pikir yang memang sudah terbentuk dalam dirinya. Menciptakan perubahan demi perubahan merupakan ciri seorang wirausawan yang ideal.

  • Untuk mencapai potensi penuh Anda

Saat anda menjadi pegawai, mungkin anda akan di hadapai dengan berbagai hambatan terkait aturan yang berlaku dan disepakati. Beda dengan seorang pengusaha anda akan dapat memaksimalkan potensi dengan terus menjelajah apa yang memang sebenarnya anda miliki didalam diri anda.

  • Untuk menuai keuntungan yang mengesankan

Memperoleh keuntungan yang besar akan anda dapat jika anda menjadi pengusaha yang menjalani tiap prosesnya dengan penuh perhitungan. Menyiapkan segala yang diperlukan dan siap akan semua resiko yang di tanggung. Tidak mudah putus asa juga sangat diperlukan agar target usaha dapat tercapai.

  • Dapat melakukan apa yang disukai

Jika bekerja sesuai dengan minat yang disukai biasanya akan lebih bersemangat menjalaninya. Terlebih semua hasil berorientasi dengan kebijakan yang anda buat dan anda jalani. Terkait waktu kerja yang bisa anda tentukan sendiri. Kuncinya sungguh-sungguh. Siap bangun lebih pagi dari orang lain, siap tidur lebih larut dan kemungkinan-kemungkinan lain yang memang menjadi tuntutan seorang pengusaha.

Kekurangan

  • Ketidakpastian pendapatan

Siapa yang bisa menjamin setiap keuntungan dari suatu usaha yang dibuat. Setiap mendirikan dan menjalankan bisnis tidak memberikan jaminan akan mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup. Semua keuntungan yang diperoleh dapat saja sangat banyak tapi tidak menutup kemungkinan tidak mendapatkan hasil sama sekali.

  • Risiko kehilangan seluruh investasi, tingkat kegagalan bisnis kecil relatif tinggi

Risiko kegagalan sangat dekat kaitannya dengan usaha. Apabila anda seorang pemula yang tidak memiliki bekal ilmu dalam menjalankan usaha tentunya anda akan sedikit banyak mengalami kegagalan. Dan semua dampak atas kegagalan tersebut harus sudah anda siapkan.

  • Kualitas hidup lebih rendah sampai bisnis didirikan

Pada awal-awal menjalani usaha mungkina saja anda harus mengencangkan ikat pinggang anda dalam menjalani kehidupan. Apa yang dimaksudkan dengan ungkapan tersebut. Itu berarti anda harus menurunkan segala kebiasan yang tadinya kualitas hidup anda tinggi menjadi lebih rendah dan memfokuskan semua harta yang dimiliki untuk mengembangkan usaha tersebut.

  • Tanggung jawab yang kompleks

Banyak pengusaha diharuskan untuk membuat keputusan mengenai isu-isu di luar bidang ilmu yang dimiliki. Jika gagal menghadapi itu makan semua menjadi tanggung jawab anda pribadi .

Dari penjabaran diatas tentunya anda pribadi bisa menilai mana yang lebih cocok dengan karakteristik anda sendiri. Jika anda seorang yang suka akan perubahan, senang tantangan, berani gagal, dan memiliki sikap yang ulet dalam 1 hal maka anda dapat mencoba peruntukan menjadi seorang pengusaha atau berwirausaha. Tapi jika anda seorang yang memang suka bekerja di tempat yang memberi kepastian, dan tidak terlalu menyukai tantangan pilihan yang tepat ialan menjadi seorang pegawai.

Jalani setiap kesempatan yang datang pada anda dengan penuh kesungguhan. Ada usaha ada hasil. Jangan pernah takut keluar dari zona aman. Selamat mencoba!

Sumber referensi :

https://www.wibowopajak.com/2012/02/pengertian-pegawai.html#:~:text=Pengertian%20Pegawai%20adalah%20Orang%20pribadi,dibayarkan%20berdasarkan%20periode%20tertentu%2C%20penyelesaian

https://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan#:~:text=Wirausahawan%20(bahasa%20Inggris%3A%20entrepreneur),memasarkannya%2C%20serta%20mengatur%20permodalan%20operasinya.
Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *