Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Ilmu Beryukur Pembawa Kesuksesan

3 min read

Kesuksesan merupakan pencapaian yang diingin banyak orang. Sukses itu dapat di kategorikan menjadi banyak jenis. Macam kesuksesan contohnya ialah Sukses dalam bergaul, Sukses dalam membangun keluarga yang harmonis, Sukses dalam mendapat pekerjaan yang diinginkan, Sukses mendapatkan pasangan hidup yang diidamkan, dan masih banyak lagi. Setiap kesuksesan yang di akan didapat tentunya memiliki prosesnya masing-masing. Ilmu bersyukur pembawa kesuksesan ialah berisi tentang kiat untuk sukses melalui rasa syukur.

Jarang ditemui seseorang terlahir sukses, terkecuali terlahir kaya atau terlahir cantik. Terlahir kaya itu bukan suatu pencapaian. Terlahir cantik atau tampan juga bukan suatu pencapaian. Beda halnya dengan kesuksesan. Setiap proses menuju kesuksesan itu merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dijalani secara serius. Dalam bersikap, kita mengenal ilmu bersyukur. Pelajari Ilmu Beryukur Pembawa Kesuksesan berikut.

Jika diartikan secara bahasa, Syukur adalah luapan terima kasih atas segala yang diterima atau dirasakan seseorang. Menurut Kamus Arab – Indonesia, kata syukur diambil dari kata syakara, yaskuru, syukran dan tasyakkara yang berarti mensyukuri-Nya, memuji-Nya.

Syukur berasal dari kata syukuran yang berarti mengingat akan segala nikmat-Nya. Menurut bahasa adalah suatu sifat yang penuh kebaikan dan rasa menghormati serta mengagungkan atas segala nikmat-Nya, baik diekspresikan dengan lisan, dimantapkan dengan hati maupun dilaksanakan melalui perbuatan.

Setiap agama mengajarkan umat untuk senantiasa bersyukur atas apa yang telah pencipta berikan atas-nya. Dalam islam sangat banyak yang dapat di pelajari tentang rasa syukur. Semua tertuang dalam Firman Allah SWT dan Sabda Rasulullah SAW. Memahami Ilmu Beryukur Pembawa Kesuksesan hendaknya anda perhatikan beberapa ilmu berikut ini.

‎وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, “Sesungguh­nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim ayat 7)

Ayat di atas turun dalam konteks dialog antara Nabi Musa dan bangsa Yahudi. Allah menceritakan tentang Nabi Musa ketika ia mengingatkan kaumnya kepada hari-hari Allah yang mereka alami dan nikmat-nikmat-Nya yang dilimpahkan kepada mereka. Banyak kaitannya antara Ilmu Syukur dengan kesuksesan.

Berikut merupakan upaya yang perlu dilakukan agar dapat lebih bersyukur akan apa yang sudah dimiliki;

  • Pikirkan setiap bangun tidur apa yang sudah dimiliki saat ini

Banyak sekali orang yang terlalu sibuk memperhatikan hidup orang lain sampai ia lupa apa yang telah Allah SWT berikan untuk hidupnya. Dengan berlaku seperti ini anda tidak akan pernah merasakan apa itu syukur. Membayangkan kehidupan orang lain yang menurut anda lebih bahagia hanya akan membuat anda khufur akan nikmat.

Berusaha berterima kasih kepada Allah SWT atas sekecil apapun kemajuan hidup anda agar nikmat lainnya dapat anda terima lagi kemudian . Tidak selamanya yang anda lihat membahagiakan, jika anda sudah miliki maka anda bahagia. Allah SWT lebih mengetahui apa yang anda perlukan sedangkan anda tidak.

  • Hirup nafas dalam-dalam dan pikirkan apa yang bisa anda perbaiki

Dapat bernafas dengan leluasa saja sudah tergolong nikmat yang wajib di syukuri. Terlebih memiliki setiap anggota tubuh yang lengkap adalah karunia yang belum tentu orang lain dapatkan. Jika hal seperti ini sudah bisa anda lakukan maka selanjutnya ialah mengevaluasi diri. Apa yang menjadi hambatan di masa lalu. Coba analisa hambatan tersebut. Apa kesalahan bersumber dari diri anda sendiri atau memang ada sesuatu yang perlu anda perjuangkan lebih. Merugilah bagi mereka yang tidak menjadi lebih baik dari mereka yang sebelumnya.

  • Bagikan aura positif kepada orang sekitar

Menjadi makhluk hidup terutama menjadi manusia memang sudah disebutkan dalam ilmu pengetahuan ialah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial hendaknya kita dapat berguna bagi yang lain atas apa yang kita miliki sedangkan yang lain tidak miliki. Jangan sesekali membiarkan yang lain kesusahan padahal kita bisa membuatnya lebih baik. Itu bagian dari bersyukur karna telah diberi lebih dalam hidup.

  • Jangan sesekali menyalahkan orang lain atas keburukan yang terjadi pada kita

Jika anda dihadapi dengan sebuah masalah itu diartikan anda sedang diuji oleh Allah SWT untuk menaikan tingkat keimanan anda sendiri. Terkadang seorang hanya sibuk menghakimi diri sendiri, menghakimi orang lain bahkan tidak sungkan menyalahkan pencipta-Nya atas apa kesulitan yang sedang ia alami. Ini bukan perbuatan yang mencerminkan rasa syukur kepadanya.

Tips mempelajari Ilmu Bersyukur Pembawa kesuksesan

Bersyukur membuat seorang akan mendapat banyak kesempatan baru

Apa kaitannya bersyukur dengan hal itu? Ketika anda menjadi seoarang yang bersyukur maka anda tidak akan terus berorientasi pada kegagalan dan kekurangan. Hal ini memicu pikiran anda untuk terus mau kedepan. Menatap apa yang ada didepan dan mencoba setiap kesempatan yang datang. Bukan hanya terus larut pada kesulitan, hambatan dan kegagalan

Bersyukur mengajarkan kita untuk lebih berpikir positif dan bahagia

Bayangkan tanpa rasa syukur anda akan merasa hidup anda paling menyedihkan. Akankah anda bisa bahaga jika terus merasakan perasaan seperti itu. Kebahagian muncul tak kala anda berpasrah dan menerima apa yang memang sudah anda dapat tanpa terus merasa kurang. Merasa kurang perlu, apabila itu dijadikan motivasi untuk lebih baik kedepannya. Bukan malah melupakan apa yang sudah di dapat dan tidak mensyukurinya.

Orang Sukses berkaitan dengan menghargai setiap kemajuan

Saat anda mencoba memulai suatu usaha maka anda akan memikirkannya secara matang bukan. Selain memikirkan secara matang anda juga perlu membuat daftar yang berisikan tangga pencapaian yang sudah anda lalui dalam menjalankan usaha tersebut. Apabila didasari rasa syukur bukan hanya anda yang berusaha untuk menambah lagi kenikmatan kedepannya, bahkan Allah SWT sudah menjanjikan itu. Jika sudah Allah SWT yang menjanjikan apalagi yang perlu diragukan. Jangan merasa pencapaian atau hal yang datang pada anda tersebut akan anda dapat setiap harinya. Itu semua tergantung kehendak Allah SWT.

Mencapai puncak kesuksesan bukan tanpa usaha. Dengan menghargai tiap proses yang sudah di jalani dalam diri, anda pun akan menjadi lebih tenang untuk memikirkan apa yang selanjutnya dapat dilakukan untuk terus mencapai setiap prosesnya. Melihat kisah orang lain yang lebih sukses dan menjadikan inspirasi boleh saja.

Bersyukur yang dicerminkan dalam tindakan

Bukan hanya dalam ucapan anda harus bersyukur tetapi juga melalui tindakan atau perbuatan. Setiap keuntungan saat menjalani usaha hendaknya anda mengamalkan sebagiannya sesuai aturan dan ajaran agama anda untuk di berikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Ringan tangan dalam membantu orang lain, berbagi pengalaman dan menjadi inspirasi kebaikan atas orang lain. Itu merupakan beberapa contoh syukur melalui tindakan yang dapat anda lakukan.

Dalam menjalankan kiat-kiat diatas hendaknya di niatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kesuksesan dapat diraih bagi mereka yang bersungguh-sungguh dan mensyukuri seberapun nikmat yang sudah didapat. Selamat mencoba!



Sumber Referensi :

https://islam.nu.or.id/post/read/106475/bersyukur-itu-kunci-kesuksesan-tafsir-ayat-syukur

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *