apradipta10 Hanya pria biasa yang mencoba untuk mencoba berbagai hal baru dalam hidupnya dan percaya impiannya akan terwujud asal mau dan berusaha.

Ketakutan Besar Saat Memulai Bisnis dan Cara Mengatasinya

3 min read

ketakutan besar saat memulai bisnis dan cara mengatasinya

Membangun sebuah bisnis bukanlah sebuah hal yang mudah. Anda harus bersiap menerima segala konsekuensi yang akan terjadi. Mulai dari permasalahan internal (diri sendiri dan tim) ataupun eksternal (luar). Apa saja ketakutan besar saat memulai bisnis dan cara mengatasinya. Pembahasan di bawah ini harus Anda simak sampai akhir.

12 Ketakutan Besar Saat Memulai Bisnis dan Cara Mengatasinya

Tidak Tahu Mulai Darimana

Pertama yang paling sering dialami oleh sebagian besar para pebisnis adalah mereka tidak tahu mulai darimana. Walaupun sebenarnya sudah banyak referensi jenis binsis yang Ia dapatkan. Merupakan suatu hal yang wajar.

Tapi tidak boleh Anda biarkan terus menerus. Langkah yang harus diambil adalah dengan menentukan mana yang paling sesuai dengan passion. Kenali secara lebih mendalam, kemudian tulis step by step yang akan dilakukan. Jika perlu, ajaklah orang lain untuk bekerjasama agar menumbuhkan motivasi dalam diri.

Takut Mengalami Kerugian

Perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah bisnis kerugian itu pasti akan terjadi. Entah besar ataupun kecil, dalam waktu yang singkat atau panjang. Yang harus Anda lakukan adalah dengan meminimalisir peluangnya. Membuka usaha jasa adalah pilihan yang tepat.

Tapi apakah itu berarti usaha di bidang lainnya berpeluang mengalami kerugian lebih besar? Tidak, solusinya Anda harus memanajemen keuangan dengan baik dan melakukan strategi bisnis dengan benar. Misalkan, bahan baku semakin mahal tetapi daya beli masyarakat biasa saja. Memperkecil ukuran kemasan bisa Anda lakukan tanpa harus kehilangan pelanggan.

Pola Pikir Selalu Negatif

Pikiran negatif selalu menghantui para pemula. Mereka akan selalu berfikir bahwa bagaimana jika nanti gagal, tidak berjalan atau kekurangan modal? Berhentilah berpikir demikian. Karena semua itu tidak akan Anda ketahui bila tidak mencoba, pun juga tidak bisa mengambil pelajaran darinya.

Tetaplah berfikir positif. Dengan cara ini Anda akan selalu siap dalam menghadapi segala permasalahan serta lebih mudah mencari jalan keluarnya. Jangan cepat kalut atau semacamnya, kendalikan emosi dengan benar. Karena bisnis bukanlah sebuah hal yang sembarangan.

Tidak Menjadi Seorang yang Profesional

Jangan takut untuk menjadi seseorang yang tidak profesional karena itu adalah sesuatu yang harus dilatih. Bukan datang begitu saja, bagaimana jika klien atau konsumen merasa tidak puas? Anda tidak perlu khawatir berlebih tentang hal itu, asalkan Anda memastikan bahwa kinerja yang dilakukan sudah maksimal.

Jangan setengah-setengah melakukan pelayanan dalam sebuah bisnis. Karena bisa membuat seseorang tidak menaruh kepercayaan kepada Anda yang akan berakibat pada kegagalan.

Takut Tidak Laku

Jangan takut tidak laku, karena namanya bisnis atau usaha pasti ada ramai dan sepinya. Tidak perlu dirisaukan secara berlebihan. Karena justru membuat Anda tidak akan berkembang. Selama bisnis yang dijalankan dibutuhkan semua orang maka semua akan baik-baik saja. Lakukan strategi pemasaran yang tepat. Baik online ataupun offline.

Buatlah konten promosi yang kreatif sehingga menarik minat orang untuk membelinya. Misalkan endorsment, video promosid an give away. Inilah yang paling sering digunakan. Jadi jangan takut tidak laku ya.

Takut Hasil yang Didapatkan Tidak Maksimal

Sebenarnya dalam sebuah bisnis, hasil bukanlah yang utama. Melainkan proses, bagaimana Anda mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang ada. Karena dengan begitu, Anda lebih bisa antisipasi terhadap kegagalan. Tetaplah berfokus pada apa yang dijalankan. Berikan apresiasi kecil terhadap diri sendiri dan jangan menyesali hasil yang sudah didapatkan.

Dianggap Orang Gila

Salah satu ketakutan saat memulai bisnis adalah dianggap orang gila. Karena sering kali tidak masuk akal dan resikonya besar. Sering kali orang lain akan berkata “lebih amannya bekerja kepada orang lain, gaji tetap dan anti kerugian”.

Coba hilangkan prinsip tersebut dalam diri Anda dan mulailah berfikir “sebesar apapun gajinya jika masih ikut orang lain statusnya adalah karyawan, sedangkan sekecil apapun gajinya jika berdiri di kaki sendiri statusnya adalah bos”. Jangan hiraukan sesuatu yang tdiak membuatmu berkembang lebih baik.

Takut Dalam Memilih Tempat

Takut memilih tempat yang tidak strategis dan bisnis akan dipandang sebelah mata. Itu merupakan salah satu ketakutan besar saat memulai bisnis dan cara mengatasinya adalah survey lokasi terlebih dahulu. Anda bisa menghitung dalam sehari berapa orang yang lewat, dan seberapa butuh mereka dengan usaha Anda.

Jadi, perkataan tentang bisnis akan berkembang di kota tidak di desa adalah salah. Karena masing-masing mempunyai kebutuhannya berbeda.

Tidak Memperoleh Dana

Modal atau dana adalah sesautu yang paling ditakutkan. Karena itu merupakan komponen penting yang harus ada. Beberapa orang bersembunyi di balik kalimat “nunggu modal terkumpul dulu baru punya usaha”. Oke memang itu penting, tapi kalau begitu kapan Anda akan memulai bisnis. Pasti suatu saat terpakai untuk hal yang lainnya.

Solusinya, sesuaikan jenis bisnis yang akan dibuka dengan jumlah modal sekarang. Jika kurang, Anda bisa meminjam di bank atau menarik investor. Tetapi dengan syarat bisnis harus dikembangan dengan sungguh-sunggug, agar bisa mengembalikan uang yang sudah dipinjam sesuai dengan waktunya.

Waktu Dengan Keluarga Tersita

Pada awalnya, sudah pasti waktu dengan keluarga tersita karena lebih banyak mengurusi bisnis yang akan Anda bangun. Tetapi sebenarnya ini bukan masalah besar. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah berkomunikasi kepada istri/suami bahwa seperti apa bisnis yang akan Anda jalanan.

Kedua, berikan pengertian kepada mereka bahwa ini demi hidup yang lebih baik. Ketiga, terapkan prinsip kualitas bukan kuantitas. Manfaatkan waktu yang ada untuk bercerita, bercengkrama atau berdiskusi. Daripada memiliki waktu luang banyak tetapi keluarga dicuekin. Lakukan penjadwalan rutin.

Hasil yang Didapatkan Tidak Cukup Untuk Mengembalikan Modal

Ini nyambung dengan poin yang sebelumnya dibahas. Beberapa orang selalu takut tidak bisa mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan. Lebih baik Anda tidak terburu-buru dalam hal ini. Jika memang belum cukup teruslah berusaha secara maksimal. Jika Anda berhenti di tengah jalan, Anda tidak akan pernah mendapatkan keuntungan.

Bisnis yang Tidak Berkembang

Jangan khawatir jika bisnis yang Anda bangun tidak berkembang. Anda bisa membangun jaringan sosial dengan orang lain yang lebih sukses, saling sharing pengalaman dan mengikuti seminar apabila diperlukan. Lihatlah ke atas jika sedang berusaha, sehingga Anda tidak mempunyai rasa mudah puas atau berputus asa.

Anda bisa memanfaatkan jaringan media sosial seperti facebook, whatsapp untuk mencari pengusaha yang sejenis. Jangan sayang mengeluarkan uang apabila itu untuk kebaikan bisnis dan diri Anda.


Sekarang setelah Anda mengetahui apa saja ketakutan besar saat memulai bisnis dan cara mengatasinya. Lakukan perencanaan yang bagus. Baik keuangan, promosi, distribusi, produksi, karyawan (jika perlu) dan lain sebagainya.

apradipta10 Hanya pria biasa yang mencoba untuk mencoba berbagai hal baru dalam hidupnya dan percaya impiannya akan terwujud asal mau dan berusaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *