Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Langkah-Langkah Membuka Warung Sembako yang Harus Diperhatikan

3 min read

Dalam diri setiap manusia hendaknya memiliki evaluasi diri yang harus terus ditingkatkan. Peningkatan dalam hidup itu mengartikan bahwa Anda tergolong orang yang berkembang. Kembali ke diri masing-masing, Apakah mau dikelompokan menjadi yang berkembang atau tetap tanpa perkembangan. Jika sejak awal bahkan Anda pribadi pun hanya bergerak seperti daun di aliran air maka Kesuksesan dimasa depan menjadi hal yang sangat sulit diprediksi. Bisa jadi itu tercapai tapi tidak menutup kemungkinan itu hanya khayalan atau mimpi kosong. Jika Anda memiliki rencana untuk berwirausaha, dan bentuk usaha itu adalah Warung Sembako maka coba simak Langkah-Langkah Membuka Warung Sembako yang Harus Diperhatikan.

Setiap memiliki niat untuk memulai usaha atau menjadi wirausahawan sangat tidak dianjurkan dijalani atau dimulai tanpa bekal yang matang. Bekal yang matang disini bukan hanya terkait modal melainkan ilmu dan kesiapan terkait resiko terburuknya. Seorang pemula memulai usaha biasanya sangat amat dekat dengan resiko kegagalan atau kerugian. Hal itu bukan ditujukan untuk menghalangi atau membatasi. Justru hal itu dianjurkan agar menjadi titik ukur seberapa niat dan besar keinginan Anda untuk bertahan dan bangkit. Jika diawal Anda diberikan jalan yang mulus tanpa gagal, itu sangat beruntung sekali. Dengan tulisan, Langkah-Langkah Membuka Warung Sembako yang Harus Diperhatikan ini dimaksudkan sebagai bekal Anda agar matang menyiapkan semua.

7 Langkah Membuka Warung Sembako yang Harus Diperhatikan

Warung Sembako dapat juga disebut sebagai tempat yang disediakan seorang penjual (Pemilik warung) untuk mempermudah pembeli (konsumen) dalam mendapatkan semua barang berbentuk Bahan pokok yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sembako sendiri berasal dari kata Sembilan Bahan Pokok. Bahan pokok yang dimaksudkan ialah kebutuhan pangan yang meliputi Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng dan Mentega, Daging Sapi dan Daging Ayam, Telur Ayam, Susu, Jagung, Minyak Tanah, Garam (https://id.wikipedia.org/wiki/Sembilan_bahan_pokok). Setiap satu dari bahan-bahan diatas memang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tugas dari seorang penjual sembako ialah menyedia barang-barang tersebut agar pembeli dapat menemukan semua bahan tersebut hanya dengan mendatangai satu tempat atau satu toko saja. Simak Langkah-Langkah Membuka Warung Sembako yang Harus Diperhatikan berikut;

Lokasi Berjualan yang Strategis

Jika Anda tinggal di wilayah yang bisa disebut Lingkungan padat penduduk yang memiliki jarak dari satu rumah kerumah lain nya sangat berdekatan mungkin ini dapat disebut lokasi strategis. Biasanya dalam suatu tempat seperti ini banyak didapati Warung Sembako. Bukan berarti dengan banyaknya warung sembako yang ada lalu menutup peluang Anda. Perhatikan lokasi setiap warung tersebut jika masih memungkinkan Anda membuka warung baru. Mengapa harus diperhatikan seberapa ramai wilayah Anda, Karna itu berhubungan dengan calon pembeli atau pangsa pasar.

Jika tidak memungkinkan membuka warung di wilayah tempat tinggal, Anda dapat juga mencari tempat strategis lain seperti pasar, sekolah, pusat kuliner, dan wilayah pertokoan. Beberapa referensi tempat tersebut dapat di survey tingkat keramaiannya satu per satu. Jika sudah menemukan jawaban mana wilayah yang paling cocok baru Anda dapat mencari tempat yang mungkin disewakan bulanan atau bahkan tahunan di wilayah tersebut.

Buat List Barang yang Akan diJual

Pentingnya Anda membuat daftar barang yang akan rencananya dijual di warung. Hal itu terkait target pasar nantinya. Jika Anda berada di tempat atau wilayah tempat tinggal menengah kebawah hendaklah menentukan barang yang dijual dengan kemampuan warga sekitar untuk membelinya. Daftar barang yang Anda buat dapat menjadi acuan berapa juga modal yang perlu disiapkan. Jika warung sembako yang rencana Anda buat adalah jenis warung sembako yang lengkap hendaknya menjual barang seperti; Bahan pokok masakan, Semua jenis makanan ringan, minuman ringan, kebutuhan rumah tangga sehari-hari, sayur-sayuran yang cepat habis, dan dapat juga disediakan berupa kebutuhan tambahan seperti Pulsa dan Token Listrik.

Sediakan Perlengkapan Warung

Anda dapat mencari referensi kiranya apa saja perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan untuk membuka sebuah Warung Sembako. Jika jenis warung sembako yang Anda rencanakan tergolong menengah atau warung kecil maka dapat disiapkan berupa Rak Kayu, Etalase Kaca, Meja Kayu, Kursi Kayu, Kulkas Sayuran, Frezer Minuman, Lemari besi, Kalkulator, Penerangan yang bagus, beberapa tali yang dapat digunakan untuk menggantung barang dagangan dan Alat ukur atau hitung berat.

Terkait berapa harga masing-masing barang diatas Anda dapat memeriksanya langsung ke toko-toko yang menyediakan kebutuhan tersebut. Ada juga beberapa perlengkapan yang mungkin bisa anda buat sendiri agar sesuai keinginan Anda bentuknya.

Temukan Pedagang Grosir yang Akan mensupply Stock Barang

Dapat banyak ditemukan agen-agen yang menjual barang secara grosir untuk selanjutnya dijual eceran oleh para pedagang Warung sembako. Sebaiknya Anda harus selektif terkait dengan kualitas barang yang dijual juga harga yang di tawarkan. Seharusnya penerapan harga di Agen grosir itu akan lebih murah jika total barang Anda beli lebih banyak.

Terlebih apabila Anda sudah berlangganan dengan suatu agen grosir pastinya Anda akan ditawarkan berbagai kelebihan. Cek lagi barang yang dibeli, pastikan kualitas terbaik, masa expired, naik turunnya harga dan update terhadap barang baru. Jika Anda mendapatkan agen grosir yang seperti ini jangan ragu untuk melakukan pemesanan berulang.

Tetapkan Harga Jual yang Paling Cocok

Harga jual akan menentukan seberapa besar keuntungan Anda yang dihasilkan dari transaksi jual beli dalam warung sembako Anda. Disarankan anda tidak mengambil untuk yang terlalu besar dari tiap jenis barang yang dijual. Hal itu dapat berpengaruh terhadap kelangsungan warung Anda.

Buatlah daftar berapa harga beli setiap barang yang Anda beli guna menentukan selisih harga dengan yang Anda jual nanti. Kebanyakan orang akan lebih memilih jalan lebih jauh asal dia mendapat harga barang yang lebih murah. Inilah target yang harus Anda perhatikan. Selagi harga yang Anda tentukan tidak menimbulkan kerugian.

Promosi

Jangan karna Anda merasa ini hanya warung sembako lalu Anda tidak perlu memperhatikan Pemasaran dan Target Promosi Anda. Jika Warung sembako Anda sudah selesai di bentuk maka cobalah untuk berkeliling sekitar warung Anda. Informasikan apa saja yang Anda jajahkan dalam warung Anda tersebut. Kelebihan-kelebihan apa yang membuat warung Anda lebih unggul dari warung lainnya.

Lakukan beberapa promosi seperti tawaran beli 10 jenis barang gratis barang lain, jasa antar barang, tawaran diskon harga dan yang pastinya sudah Anda perhitungkan lebih dulu sebelum Anda tawarkan. Buat Selembaran terkait harga barang dan daftar barang yang tersedia di warung Anda.

Penampilan Susunan Barang yang Menarik

Ini langkah terakhir, usahakan pada saat menata setiap barang yang niat dijual diwarung sembako Anda perhatikan kerapihannya. Seragamkan berdasarkan jenis barang. Kelompokan barang berdasarkan manfaatnya. Kolaborasi warna juga perlu diperhatikan agar menarik pembeli setidaknya awalnya hanya berniat lewat tetapi malah jadi menghampiri toko Anda dan membeli.

Berikut merupakan 7 langkap yang perlu diperhatikan jika Anda berniat memiliki warung sembako. Membuka warung sembako tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain; tidak perlu ditakutkan tidak ada pembeli karna barang yang dijajakan pastinya barang sehari-hari yang banyak dibutuhkan, dapat dikelola sendiri dirumah dan kekurangannya antara lain; untung yang didapat mungkin tidak terlalu besar, barang yang dijual memiliki masa berlaku, dan banyak pesaing.

Hal tersebut diatas perlu diperhatikan. Pastikan Anda menjadi seorang pengusaha warung sembako yang memiliki bekal ilmu yang matang. Dengan bekal ilmu tersebut diharapkan usaha Anda tersebut dapat panjang dan berkembang. Selamat mencoba!

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *