Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Membuka Usaha Laundry Kiloan Dengan Modal Minim

3 min read

Bisnis laundry kiloan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda karna mungkin sudah banyak penyedia jasa laundry kiloan yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Laundry Kiloan merupakan salah satu usaha dibidang penyediaan jasa rumahan yang tergolong banyak peminatnya. Laundry kiloan pada zaman dulu mungkin hanya bisa ditemukan di lingkungan perkotaan saja. Akan tetapi saat ini usaha laundry kiloan sudah mulai mudah ditemui termasuk di lingkungan pedesaan. Banyaknya peminat atas usaha laundry kiloan ini dapat disimpulkan karna keuntungan yang akan di dapat dari usaha ini tidak meragukan lagi.

Mari kita analisa peluang bisnis dari usaha Laundry kiloan dengan modal yang Minim dan Praktis

Kebutuhan untuk mencuci, mengeringkan pakaian, merapikan pakai sehingga siap pakai mungkin menjadi kendala untuk beberapa kelompok orang saat ini. Mengapa tidak? Di zaman yang sudah serba canggih dan teknologi yang semakin maju banyak orang-orang yang sudah tidak memiliki keinginan mencuci dan merapikan pakaian sendiri. Bukan karna tidak bisa hanya saja beberapa orang berpikir bahwa waktu yang mereka gunakan untuk mencuci atau sekedar menyetrika pakaian dapat mereka gunakan untuk melakukan hal produktif lainnya yang mungkin hasilnya dapat digunakan untuk membayarkan upah tenaga cuci atau bahkan sekedar jasa laundry. Pemikiran seperti ini yang akan membuat penyedia jasa laundry menjadi banyak peminatnya. Berikut beberapa langkah membuka usaha laundry kiloan dari modal yang minim untuk pemula.

Menganalisa berapa jumlah modal yang kita bisa miliki

Modal menjadi kuncian untuk mengembangkan jasa laundry. Melalui modal seseorang dapat menganalisa seberapa besar peluang atau bentuk usaha yang akan dia buka dan kembangkan. Dalam perencanaan pembuatan usaha laundry ini dibutuhkan cukup besar modal sebut saja seorang narasumber yang telah saya wawancarai, Beliau membuat jasa laundry dengan modal awal 15 juta rupiah. Modal tersebut dia dapat dari hasil tabungannya beberapa bulan yang memang dikhususkan untuk memulai usaha kelak. Saat ditanya apakah modal tersebut sudah dapat menghasilkan satu kios laundry yang berjalan? Beliau menjawab sudah, akan tetapi kiosnya masih kecil dan konsumennya masih terlalu sedikit sehingga perputaran modal masih sangat minim. Dengan uang 15 jt beliau mendapatkan 2 unit mesin cuci, 1 set rak sebagai tempat penyimpanan  pakaian yang selesai di laundry dan seterika, 1 set meja setrika, 2 unit seterika uap, dan beberapa perlengkapan laundry (Deterjen, parfum laundry, plastik packing, hanger, dll). Dapat di garis bawahi untuk peralatan yang disebutkan diatas itu dapat disebut sebagai peralatan second atau bekas pakai tetapi masih layak dan memenuhi standar usaha laundry. Jadi jika anda memiliki uang sebesar diatas anda hanya perlu mencari di internet penyedia layanan yang menjual barang-barang kebutuhan usaha laundry kiloan yang mungkin lebih akan praktis dibandingkan anda harus memenuhi kebutuhan peralataan tersebut 1 per 1. Salah satu penyedia jasa kebutuhan peralatan laundry dapat anda lihat di website tersebut https://www.peralatanlaundry.com/ . Bukan berarti jika anda tidak memiliki uang sebanyak 15 juta anda tidak bisa membuka usaha laundry ya, anda dapat pintar-pintar mengalokasikan uang modal yang ada untuk membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok usaha laundry itu terlebih dahulu.

Menyiapkan lokasi yang strategis

Lokasi menjadi faktor penting berjalan atau tidanya usaha yang anda ingini tersebut. Jika tempat tinggal anda berada dekat dengan Kawasan Perkuliahan, Kawasan Perkantoran atau Kawasan yang banyak di temui rumah-rumah kost atau kontrakan yang dihuni para pekerja kantoran atau mahasiswa pendatang, itu sudah pasti dapat menunjang berlangsungnya usaha laundry anda. Akan tetapi jika rumah tempat tinggal anda tidak cukup luas untuk digunakan sebagai lokasi usaha laundry kiloan anda tidak usah khawatir, anda bisa saja menyewa ruangan atau kios kecil yang mungkin tidak terlalu strategis tapi aksesnya mudah di temui dan dapat dilihat banyak pengguna jalan saat melintas. Hal yang perlu diperhatikan antara lain ruangannya pas untuk anda beroperasi, serta memiliki persediaan air serta sistem drainase yang cukup baik karna bisnis laundry kiloan sangat berkaitan dengan sanitasi dan pengelolaan limbah.

Menyiapkan karyawan yang kompeten

Jika anda hanya tertarik membuka usaha laundry tetapi bukan anda pribadi yang akan menjalani pekerjaannya maka hal yang harus di perhatikan selanjutnya adalah tenaga kerja yang kompeten. Tenaga kerja yang kompeten disini dimaksudkan yaitu orang yang memang pernah bekerja di bidang jasa cuci gosok entah pembantu rumah tangga atau sekedar cuci gosok dari pintu ke pintu. Orang-orang terdekat bisa dijadikan rekomendasi karna kita akan tau kinerjanya, dapat dipantau secara berkala dan dapat diberikan arahan terkait penanganan pakaian yang akan di eksekusi di usaha laundry anda.

Sediakan Layanan yang bervariasi dan ketepatan waktu

Untuk usaha pemula biasanya anda harus banyak memasarkan produk-produk anda dengan menyediakan banyak promo layanan atau variasi layanan. Contoh saja, Layanan antar jemput pakaian, Potongan harga setiap 3 x transaksi dalam 1 minggu dan layanan-layanan lainnya. Selain variasi layanan terkait waktu penyelesaian juga akan menjadi nilai tambah bagi usaha anda jika tidak pernah mengecewakan pelanggan. Layanan seperti cuci karpet, selimut, tas, sepatu, dll akan tidak menarik jika waktu pengerjaan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau meleset. Para pelanggan menggunakan jasa laundry tentunya karna mereka tidak memiliki banyak waktu jika harus mengerjakannya sendiri tapi bukan berarti mereka memberikan banyak tenggang waktu pengerjaan bagi si penyedia jasa layanan. Karna itu ketepatan waktu juga akan sangat diperhatikan ketika seseorang menetukan jasa laundry yang akan menjadi langganan bagi mereka.

Harga yang kompetitif

Usaha laundry kiloan merupakan jenis usaha yang banyak persaingannya dan tergolong ketat. Jika lokasi yang anda pilih adalah kawasan bisnis perkantoran atau perkulihan akan banyak dijumpai usaha laundry kiloan ini. Untuk itu anda wajib memastikan harga yang anda tentukan dapat bersaing dengan laundry lainnya. Anda juga dapat menawarkan harga yang tinggi apabila anda merasa sudah banyak pelanggan dan kualitas laundry anda terbaik. Dalam menentukan harga anda perlu melakukan survey ke beberapa usaha laundry yang ada di sekitar lokasi yang rencanannya akan anda pilih sebagai tempat usaha laundry anda.

Setelah anda mencoba menjalani langkah-langkah diatas yang tidak kalah penting anda harus lakukan adalah menyediakan laporan keuangan terkait biaya operasional , penghasilan kotor dan penghasilan bersih selama usaha laundry anda sudah berjalan. Jika target usaha anda harus bisa mengembalikan modal dalam kurun waktu tertentu maka anda wajib mengevaluasinya apakah berjalan sesuai dengan rencana anda. Terkait pengembangan usaha anda dapat menambah sedikit demi sedikit inventaris jika memang usaha laundry anda berjalan sesuai rencana atau bahkan melebihi ekspektasi. Selamat mencoba!

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *