Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Meraup Keuntungan Dari Usaha Ternak Ayam Potong

5 min read

Ternak ayam potong (ayam broiler) merupakan salah satu jenis usaha yang dapat menjanjikan keuntungan besar jika dijalani dengan penuh persiapan. Pada dasarnya setiap usaha yang hendak dijalani dan dibekali dengan persiapan yang matang dan pengetahuan yang banyak tentunya akan menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Hendaklah persiapkan semua secara matang. Bisa saja anda memulai usaha tanpa persiapan yang matang tetapi jangan kaget apabila ditengan jalan anda mengalami banyak hambatan yang sebenarnya bisa saja tidak anda hadapi apabila persiapannya lebih matang. Bukan hanya modal berupa uang, banyak sekali hal lain yang perlu anda perhatikan juga bahkan anda korbankan untuk bisa menjalani suatu usaha. Meraup Keuntungan Dari Usaha Ternak Ayam Potong dapat anda peroleh apabila anda serius menjalani usaha tersebut.

Sebelum anda bermaksud untuk membuka satu jenis usaha, disarankan anda melakukan analisa usaha lebih dahulu. Yang dimaksud dengan analisa usaha ialah melakukan survey langsung kepada tiap usaha yang rencananya akan anda bangun. Melakukan survey tersebut berguna agar anda dapat mengetahui langsung apa saja kelebihan dan kekurangan apabila anda turut masuk menjalankan usaha serupa.

Tentu tidak sulit mencari rekomendasi peternakan ayam potong (ayam broiler) saat ini karna banyaknya pengusaha dibidang tersebut. Anda hanya perlu mencari alamat peternakan ayam di internet dan buat janji kepada pemiliknya untuk berkunjung. Meraup Keuntungan Dari Usaha Ternak Ayam Potong yang tentunya sudah dirasakan oleh para pengusaha itu bisa jadi memotivasi anda untuk belajar lebih jauh.

Dalam usaha ayam potong (ayam broiler) dikenal menjadi 2 jenis sistem usaha. Sistem usaha tersebut yaitu  Sistem kemitraan dan Sistem Mandiri. Perbedaan 2 jenis sistem ini ialah;

  • Sistem Kemitraan

Jenis sistem usaha ini adalah menjalin kerjasama antara Peternak dengan pemilik modal. Peternak sebagai pengelola ayam potong bertugas untuk menjalani proses ternak, menyediakan sarana ternak, menyediakan peralatan yang dibutuhkan dan peternak bertanggung jawab atas kesehatan hewan ternak tersebut, dan untuk pemilik modal biasanya bertugas untuk menyediakan bibit, pakan ayam, vaksin, vitamin dan semua keperluan yang wajib di beli dan disediakan untuk menunjang usaha tersebut.

Jenis usaha ini memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya. Kelebihan pada sistem kemitraan ialah pembagian tugas yang jelas, jika muncul masalah dan kerugian hal itu dapat di bagi tidak hanya ditanggung sendiri, dapat berdiskusi terkait mengembangkan usaha tersebut, dan keuntungan dapat dijanjikan didepan bahkan sebelum ayam potong tersebut laku terjual

  • Sistem Mandiri

Pada sistem usaha ini adalah si pelaku usaha melakukan semua prosesnya sendiri. Mulai dari mencari tempat untuk kandang, memperoleh bibit ayam, mengatur bentuk kandang, memastikan pakan yang baik, menyusun jadwal vaksin untuk ayam-ayam tersebut, dan semua kegiatan operasional dilakukan sendiri dan dari modal sendiri.

Untuk kelebihan dari sistem ini ialah keuntungan yang didapat utuh dan tidak dibagi, dapat berinovasi sendiri tanpa harus memusyawarahkannya kepada sesama pemilik. Kekurangannya sendiri ialah menanggung beban kerugian sendiri dan harus memikirkan langkah-langkah pengembangan sendiri.

Berikut Merupakan Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan Dalam Membuka Usaha Ayam Potong

Pastikan usaha yang rencananya anda bangun sesuai dengan minat dan kegemaran anda. Jika anda menjalani suatu kegiatan yang sesuai dengan kegemaran anda bisa jadi anda menjalaninya dengan lebih senang dan totalitas. Gunakan perhitungan yang matang untuk setiap langkah yang akan anda jalani. Apabila anda menemukan penghalang hendaknya pikirkan dulu beberapa alternatif jalan keluar. Jangan sekali-kali mengambil keputusan dalam keadaan marah atau dalam kondisi yang tidak baik. Itu sangat mempengaruhi hasilnya.

Untuk Meraup Keuntungan Dari Usaha Ternak Ayam Potong dapat dijalani langkah-langkah berikut ini;

Menyiapkan Tempat Ternak (Kandang)

Ternak ayam potong (ayam broiler) pastinya membutuhkan kandang sebagai tempat mengembangkan ayam-ayam tersebut. Kandang sendiri merupakan hal utama yang harus dimiliki si peternak sebelum ia menyiapkan kebutuhan lainnya. Kandang yang baik dan ideal untuk peternakan ayam potong adalah kandang yang tingkat suhu dan pencahayaannya pas untuk jenis ayam potong (ayam broiler).

Bentuk dari kandang ayam potong (ayam broiler) juga ada beberapa jenis yaitu;

  • Jenis Kandang berbentuk Panggung

Jenis kandang ini cocok untuk wilayah usaha ternak ayam yang memiliki suhu udara yang panas. Memiliki kandang ayam berbentuk panggung memudahkan si pemiliki ternak untuk rutin membersihkan kotoran ayam-ayam tersebut. Kotoran ayam dari jenis kandang berbentuk panggung akan langsung jatuh ke bawah sehingga bisa mudah di bersihkan. Kekurangan dari kandang berbentuk panggung ini mungkin dari sisi jumlah ayam yang bisa di ternakan. Karna berbentuk 1 lantai maka akan lebih terbatas.

  • Jenis Kandang Postal Open

Jika jenis kandang ayam berbentuk panggung disarankan untuk wilayah yang memiliki suhu udara panas, maka untuk jenis kandang ayam ini disarankan untuk wilayah yang memiliki suhu udara dingin. Kandang ayam ini terdiri dari bagian atas dan bawah, kedua bagian dapat ditempati oleh ayam-ayam yang diternakan jadi kelebihan nya bisa menampung banyak ayam. Kekurangan dari bentuk kandang ini ialah membutuhkan sekam yang lebih banya, si pemiliki harus rutin memeriksa kandang karna amoniak lebih rentan, dan sirkulasi udara hanya berasal dari kanan dan kiri kandang

  • Jenis Kandang Postal Close

Sebaliknya dari kandang bentuk postal open diatas. Kandang jenis ini membuat performa ayam lebih terjaga. Sirkulasi dilengkapi dengan blower sehingga pertukaran udara stabil. Kelemahannya akan menimbulkan biaya operasional yang lebih banyak dan rawan mati listrik.

Memilih Bibit Ayam Potong yang Unggul

Gambar dari https://unsplash.com/photos/hQV3s7J6eM4

Bibit ayam atau biasa di singkat DOC (Day Old Chick) adalah sebutan untuk anak ayam yang usianya  baru satu hari. Memilih bibit ayam yang unggul memerlukan ilmu dan informasi yang jelas dari sumber yang bisa dipercaya. Saat anda mendapatkan bibit unggul untuk diternakan itu berarti mengurangi resiko kerugian karna ayam yang mungkin mati sebelum bisa dipanen. Berikut beberapa tips memilih bibit ayam potong (ayam pendaging) yang berkualitas;

  • Sebaiknya membeli bibit di tempat yang sudah banyak dipercaya beberapa pengusaha ternak ayam. Biasanya mereka memiliki bentuk badan hokum seperti CV atau Koperasi.
  • Memiliki berat yang berkisar 35 – 40 gram untuk setiap anak ayam broiler
  • Memiliki Warna badan yang putih kekuning-kuningan dan cerah
  • Disekitar badanya tidak diketemukan cacat dari lahir
  • Bisa dikatakan lincah
  • Memiliki warna yang sama atau seragam pada bulunya
  • Memiliki Kaki dan paruh yang berwarna terang atau cerah

Pelajari Cara yang Tepat Untuk Pemeliharaan Ayam

Selain membeli bibit yang berkualitas untuk di ternakan, menyiapkan kandang yang paling cocok dengan wilayah yang dikehendaki untuk melakukan bisnis ternak ini selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan proses perawatan ayam-ayam tersebut.

Pada 14 hari pertama bibit-bibit di beli maka ini waktu yang rentan untuk melalukan pemeriksaan apakah bibit tersebut dapat bertumbuh atau memiliki kemungkian untuk mati. Sediakan pakan ayam broiler yang memang dianjurkan. Pakan yang bagus akan mempengaruhi pertumbuhan si ayam. Perhatikan kandungan gizi seperti Protein, Lemak, Vitamin dan mineral yang terkandung pada pakan ayam yang akan dihidangkan.

Pemberian pakan ayam biasanya dibagi menjadi 2 tahap yaitu pagi dan sore. Pastikan pakan ayam tidak pernah kosong. Kebanyakan keberhasilan usaha ayam potong dipengaruhi oleh pakan yang diberikan kepada ayam ternaknya. Jangan lupa pemberian air minum juga tidak boleh putus, harus selalu tersedia di kandang.

Gambar dari https://unsplash.com/photos/LnbfFquB1c4

Selain pakan, bagian dari proses pemeliharaan selanjutnya adalah pemberian vaksin. Vaksin sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ayam-ayam tersebut. Selain itu guna vaksin juga untuk menjaga kesehatan ayam broiler yang diternakan. Vaksin untuk ayam broiler biasanya berupa ND/tetelo, ND Strain B1, dan ND lasotta.

Tahap Perawatan

Tahan ini penting dilakukan berkepanjangan. Mengenai kebersihan kandang, kesehatan ayam, kualitas pakan, vaksin yang tidak terlambat diberikan. Perhatikan Suhu Kandang jangan sampai dikesampingkan. Penampungan kotoran ayam yang harus selalu rutin dibersikan. Biasanya ayam-ayam juga memiliki ciri-ciri khusus apabila sakit. Lekas pisahkan jika terlihat ayam yang memiliki karakter sakit. Satu ayam yang sakit apabila telat di obati dan dipisahkan dengan ayam lain akan menimbulkan kerugian yang banyak jika ayam-ayam yang tertular mengalami kematian.

Hitung Keuntungan yang akan didapat

Pada saat perencanaan usaha seharusnya anda sudah membuat mekanisme antara besar modal dan keuntungan yang akan didapat. Hitung dengan cermat terkait biaya-biaya yang sudah dikeluarkan. Kelompokan mana yang bisa disebut biaya tetap atau biaya tidak tetap. Hitung biaya operasional yang sudah dikeluarkan dari mulai pembelian bibit, pembuatan kandang, pembelian perlengkapan dan peralatan untuk kandang, pembelian pakan, pembelian vaksin, biaya listrik, air, dan biaya yang dapat dikategorikan biaya operional lainnya.

Setelah itu tentukan keuntungan yang harus didapat dari modal yang sudah dikeluarkan. Cermati usaha ternak yang lain. Gunakan harga pasaran terlebih dahulu. Jangan mematuk harga yang terlalu tinggi di awal karna merasa kualitas ayam yang diberikan ialah kualitas terbaik.

Tetapkan Target Pasar

Ayam potong atau ayam pendaging sangat banyak di minati sebagai lauk pokok atau sekedar makanan ringan. Jarang ditemui permintaan akan ayam potong yang menurun. Terlebih pada beberapa perayaan keagamaan biasa permintaan akan ayam potong meningkat sangat pesat. Sebutsaja menjelang bulan Ramadhan dan idul fitri dipastikan permintaan ayam potong akan meningkat.

Terkait fenomena kerugian untuk para pengusaha ayam potong juga jarang terdengar. Beberapa tahun lalu ada fenomena Virus Flu burung yang mengakibatkan para pengusaha ayam potong gulung tikar. Tapi fenomena itu sudah terlewatkan. Permintaan ayam potong dipasaran sudah meningkat dan stabil lagi saat ini.

Selain dapat memasarkan ayam potong pada penjual ayam dipasar-pasar, masih banyak lagi target pasar yang dapat dijadikan acuan untuk memasarkan usaha anda ini. Sebut saja restaurant, Hotel, tukang sayur keliling, Pengusaha sajian ayam pinggir jalan. Pangsa pasar ayam potong memang sangat luas. Untuk para pemula, cobalah untuk memasang iklan-iklan berupa selembatan atau famplet selain itu dapat memesarkan melalui media social, tetanggan rumah dan masih banyak lagi sarana lainnya.

Semua usaha yang dijalani dengan niat yang sungguh-sungguh tentunya hasilnya tidak akan mengkhianati proses yang sudah di jalani. Perhatikan hal terkecil apapun itu. Tidak bisa disepelekan setiap masalah yang mungkin akan datang pada anda. Berikut merupakan kiat Meraup Keuntungan Dari Usaha Ternak Ayam Potong. Selamat mencoba!

Sumber referensi tulisan :

https://broilerku.com/jenis-tipe-kandang-ayam-broiler/

https://www.infoagribisnis.com/2017/02/usaha-ayam-potong/https://www.cermati.com/artikel/tips-sukses-berbisnis-ternak-ayam-untuk-pemula

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *