Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tips Berani Memulai Bisnis Sampingan

3 min read

bisnis sampingan

Menjadi seorang pembisnis yang sukses bukan lagi disebut sebagai impian kosong, jika seorang sudah berani memimpikan menjadi pembisnis maka anda pun harus berani tidur lebih dalam untuk mempersiapkan mewujudkan mimpi tersebut.

Tidak akan ada mimpi tanpa tidur yang panjang, itu hanya ibarat. Mengapa demikian? karna mimpi dapat dijadikan modal awal untuk memulai semua rencana kita. Tidak dianjurkan membuat bisnis yang terlalu besar jika memang kita belum memiliki pengalaman didunia bisnis yang handal. Mulailah dari yang paling dekat dengan kita terlebih dahulu.

Apa yang kita lewati sehari-hari, apa yang kita butuhkan sehari-hari, apa yang menjadi kelebihan kita dan bisa dijual ke orang lain itu saja sudah dapat dijadikan modal dasar berpikir seorang pembisinis. Setelah membaca banyak artikel motivasi dan beberapa video tips memulai bisnis akhirnya saya dapat menyimpulkan,

6 hal yang wajib dilakukan jika anda tertarik memulai bisnis

Pastikan memilih jenis Usaha Yang tepat

Proses awal memulai suatu usaha ialah memilih jenis usaha yang tepat. Ini akan menjadi kunci pembuka bisnis tersebut akan berjalan maju atau sulit berkembang. Untuk memilih usaha yang tepat seseorang wajib melakukan riset dalam beberapa rentang waktu.

Memikirkan Analisa SWOT juga tidak kalah penting. SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Keempat faktor itulah yang membentuk KATA SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Jika anda terpikir akan 1 jenis usaha yang akan di geluti , lekas buat Table SWOT akan usaha tersebut.

Salurkan hobi dalam usaha memulai bisnis

Setiap orang memiliki Hobi yang dia percaya dapat membuat dirinya senang dan dapat membawa dampak baik jika dilakukan. Apa hubungan antara hobi dan bisnis ?

Jika hobi adalah suatu aktivitas yang dapat membuat orang tertentu senang maka Jika Bisnis dijalankan selaras dengan hobi sudah dapat disimpulkan seorang tersebut akan tidak jenuh atau lebih sedikit mengalami stres apabila menemukan kesulitan dalam menjalankan bisnis yang akan digelutinya tersebut.

Kita contohkan, Seorang yang hobi Makan akan dengan senang hati apabila memiliki bisnis kuliner di bidang masakan juga, karna dengan bisnis tersebut selain dia dapat keuntungan berupa materi dia pun juga akan dapat menyalurkan hobi makannya tersebut sehingga jika pada suatu saat bisnis kulinernya tersebut mengalami hambatan seorang tersebut akan memiliki banyak jalan keluar untuk menjelajah ke jenis makanan lain yang mungkin saja lebih cocok dia geluti.

Lihat Trend yang sedang berkembang saat anda mencoba memulai bisnis

Trend akan sesuatu juga dapat menjadi masukan anda memilih jenis usaha. Biasa nya sekelompok wilayah atau sekelompok orang akan mengikuti trend yang sedang banyak di gandrungi orang agar dilihat tidak ketinggalan zaman.

Analisalah trend yang sedang marak saat itu. Contoh saja apabila anda akan membuka suatu usaha Kuliner maka perhatikan makanan apa yang sedang banyak disukai tetapi tidak sulit mencari bahan dasar pembuatannya dan tidak sulit mencari target pasarnya.

Apabila anda merasa trend tersebut tipe trend yang sebentar saja dan kemungkinan besar akan mudah dilupakan anda salah. Pada saat trend itu sedang banyak digandrungi di suatu wilayah anda akan mudah mencari target pasar, kemungkinan terburuknya jika trend itu sudah berlalu dan muncul trend baru yang tidak sesuai dengan jenis usaha yang anda sedang rintis setidaknya anda sudah memiliki konsumen yang menetap dan tidak akan pindah sekalipun trend sudah berganti.

Itu gunanya menyiapkan produk bisnis yang matang agar disuka oleh target bukan hanya karna sedang trend tapi karna kualitasnya juga terbaik dan memuaskan.

buat skema rencana bisnis dengan matang

Skema bisnis yang dimaksud ialah rencana yang matang. Karna berkembang atau tidaknya suatu usaha atau bisnis dapat ditentukan seberepa matang perencanaannya. Rencana yang matang tidak terkait dengan sedetail apa bisnis itu.

Lebih mengarah kepada; Berapa modal yang dimiliki, Sumber modal darimana?, Siapa target pasarnya?, Harga Produknya?, dan yang penting Bagaimana cara memasarkannya ?. Setelah semua pertanyaan ini terjawab anda sudah dapat langsung memulai produksi yang akan dipasarkan di bisnis anda tersebut.

siapkan alternatif penanganan resiko terburuk untuk usaha tersebut

Resiko itu sudah akan ada sejak awal anda berencana menjalani suatu bisnis. Hanya saja seberapa besar resiko itu dapat dilihat saat bisnis tersebut sudah dijalankan.

Apabila anda tergolong seorang yang beruntung, anda hanya akan menghadapi resiko-resiko kecil usaha yang mungkin tanpa penanganan khusus itu sudah dapat anda selesaikan. Jika sebaliknya anda tergolong yang diberikan cobaan diawal bisnis dengan resiko bisnis yang besar bukan berarti pula anda tidak akan bisa melewati itu.

Cukup mencari tau kebeberapa sumber terpercaya yang mungkin pernah ada diposisi anda saat ini tentang bagaimana cara melewatinya, setelah itu anda kemas sendiri  apa kiranya alternatif yang bisa anda pilih sebagai usaha menanggulangi resiko tersebut.

lakukan secara konsisten

Apabila anda mengalami kegagalan saat bisnis tersebut dijalankan itu sangat wajar, mereka yang sudah sukses pastinya sudah akrab pula dengan kegagalan. Layaknya permainan games. Saat anda “Game Over” tidak pasti anda harus berhenti dan tidak mencoba nya lagi.

Justru disitu akan menjadi titik pembelajaran mana yang perlu anda perbaiki. Bukan kah anda sangat sering mendengar istilah “Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda”. Istilah itu dapat dipegang dan dipercayai kebenarannya.

Jika anda menjaga konsistesi dalam menjalankan usaha anda dapat tidak menutup kemungkinan kegagalan anda hanya akan terjadi 1 kali dan sisanya memetik hasil.

Selamat mempraktikan tips diatas, Jika dalam artikel ini kita membahas mengenai Cara memulai usaha sampingan, anda dapat berkunjung ke Artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai salah satu usaha dengan modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar.

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *