Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tips Membuka Toko Emas

4 min read

Saat ini banyak sekali orang yang berusaha terus menggali kemampuan diri untuk dapat menganalisa kiranya apa yang bisa dijadikan sebagai minat dalam membuka usaha. Salah satu usaha yang menggiurkan terkait jaminan keuntungan yang besar adalah usaha Emas. Emas merupakan jenis benda yang memiliki nilai jual. Nilai jual emas tentunya bisa naik dan turun. Emas memiliki harga yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Tips membuka Toko Emas ini mungkin salah satu yang perlu anda pertimbangkan untuk di jalani.

Jika di bahas terkait Produksi Emas, Di Indonesia terdapat potensi endapan emas di hampir setiap daerah yaitu Pulau Sumatra, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Perusahaan pertambangan yang mengeksploitasi cadangan emas di Indonesia antara lain PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara. Anda tidak perlu khawatir terhadap rendahnya produksi emas diindonesia. Tips membuka Toko Emas tentunya perlu di perhatikan agar anda tidak salah-salah dalam menentukan keputusan saat menjalani usaha tersebut.

Mengapa usaha emas dikatakan sangat menggiurkan apabila usaha tersebut sudah sukses dijalani? Pembeda antara anda memiliki usaha emas dengan usaha jual beli pakaian, tas, sepatu ataupun beberapa barang fashion tersebut adalah perputaran keuntungan dan potensi kerugian. Jika anda memiliki usaha emas anda tidak perlu mengkhawatirkan nanti modelnya akan ketinggalan zaman lah, produk yang rusak, ataupun tidak ada peminatnya karna nilai jual terus turun. Emas memiliki tingkat kestabilan harga bahkan cenderung naik yang signifikan. Selama apapun model emas yang anda jual tetap saja nilai jual nya tidak akan di pengaruhi dari bentuknya tetapi kadar dan beratnya. Perhatikan artikel Tips membuka Toko Emas ini jika anda serius untuk membuka usaha tersebut.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Usaha Membangun Toko Emas

Pelajari Kualitas Emas

Saat anda memposisikan diri sebagai pedagang atau penjual tentunya anda harus lebih paham akan kualitas barang yang anda jual dibandingkan dengan calon pembeli. Jika dialami suatu ketika ada pembeli yang menanyakan tentang spesifikasi produk emas yang anda jual tetapi anda pribadi tidak bisa memberikan jawaban maka calon pembeli tersebut bisa saja ragu dan mengurungan niatnya untuk membeli emas di toko anda.

Emas memiliki kadar didalam tubuhnya. Kadar emas biasanya di hitung dengan sebutan Karat. Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Jika anda berniat untuk membuka toko emas maka anda harus memperhatikan kadar emas yang akan anda suguhkan.

Di Indonesia memang belum jelas penentuan dan patokan hubungan karat dengan kadar kandungan emas. Hampir setiap toko emas berbeda-beda mengenai karat ini. Terutama toko emas yang berbeda daerah. Misal antara di Jakarta dengan di Jawa Tengah dapat terjadi perbedaan penafsiran karat (kemurnian emas). Di satu toko kadar emas 22 karat sekitar 80%, namun di toko lain emas 22 karat hanya berkadar 70%.

Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jadi bila emas kadar 22 karat dengan berat 15 gram maka kandungan emas murninya = 22/24 x 15 = 13.75 Gram. Untuk mempermudah, sudah tersedia tetapan untuk menentukan karat berdasar kadarnya. Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) – No. SNI 13-3487-2005 standard karat sbb:

Karat Kadar emas:

  • 24 K = 99,00 – 99,99%
  • 23 K = 94,80 – 98,89%
  • 22 K = 90,60 – 94,79%
  • 21 K = 86,50 – 90,59%
  • 20 K = 82,30 – 86,49%
  • 19 K = 78,20 – 82,29%
  • 18 K = 75,40 – 78,19%

Terkait kualitas emas bukan hanya terkait kadar atau karat emas yang perlu anda pahami tetapi juga selera pelanggan terhadap bentukan emasnya. Karna anda merupakan seorang penjual yang pastinya berharap memiliki banyak pelanggan hendaklah memperhatikan kepuasan pelanggan terhadap produk emas anda.

Jenis Emas

Sebagai penyedia layanan jual beli emas tentunya anda harus menentukan apa saja jenis emas yang akan anda jual. Coba lakukan analisa mana yang paling cocok dengan minat anda sehingga jika anda menyediakan jenis emas tersebut anda akan banyak mengetahui tentang detailnya. Biasanya jenis emas yang dijual di pasaran kebanyakan ada jenis Yaitu Emas Perhiasan dan Emas Batangan. Selain itu sebenarnya ada juga jenis emas lain yaitu Koin Emas dan Emas Granule.

Emas Perhiasan

Emas jenis ini biasanya yang banyak di minati oleh orang-orang yang datang ke toko emas. Bentuk tampilan dari emas perhiasan biasanya yaitu Kalung, Cincing, Gelang, Anting, dan Liontin. Dalam kehidupan sehari-hari menggunakan emas sudah menjadi hal yang wajar bagi mereka yang memiliki terkhusus untuk kaum wanita.

Emas Batangan

Tidak banyak toko emas yang menyediakan jenis emas yang satu ini. Biasanya calon pembeli tertarik untuk membeli emas batangan yaitu ditujukan untuk investasi jangka panjang. Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal adalah emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) dengan kadar emas 99,99 persen. Sebagai tanda keaslian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan. Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali.

Beberapa jenis Emas batangan yang umum dijual di toko emas di Indonesia:

  • Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia), Emas ini bersertifikat dari PT Aneka Tambang, harga emas batangan Antam / LM ini lebih mahal dari emas batangan lainnya karena bersertifikat. Emas jenis ini juga terdapat cap LM pada batangnya, dan tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.
  • Emas London, yaitu emas batangan dari luar negeri, dan pecahan umumnya adalah per 1 kg. Ciri emas london ini terdapat cap perusahaan pada batangnya.
  • Emas Lokal, yaitu emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan ataupun sertifikat, dan biasanya ada yang bentuknya lonjong sedikit penyok. Emas Lokal tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.

Target Pemasaran

Dalam menjalani usaha emas anda memiliki berbagai alternatif untuk melakukan pemasarannya. Di era teknologi yang sudah canggih seperti ini bukan hanya dengan membuka toko konvensional saja yang harus anda lakukan untuk memasarkan emas milik anda. Anda juga dapat melakukan jual beli emas melalui toko online. Setiap metode online ataupun offline tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Berikut kelebihan dan kekurangan berjualan emas dalam toko online:

Kelebihan

  • Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membangun atau menyewa toko sebagai tempat menjual emas
  • Tidak perlu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan jika memiliki toko emas
  • Hanya dengan Smartphone anda dapat melakukan transaksi jual beli
  • Jangkauan pemasaran lebih luas
  • Waktu transaksi lebih fleksibel
  • Biaya operasional lebih ringan karna hanya memerlukan internet sebagai penghubung dengan pembeli

Kekurangan

  • Kurang dipercaya karna tidak ada toko nyata yang bisa dikunjungi
  • Harus menyewa jasa foto professional untuk membuat foto-foto emas yang kita jual lebih bagus hasilnya dan menarik di lihat
  • Tindak penipuan lebih mungkin terjadi

Berikut kelebihan dan kekurangan berjualan emas dalam toko offline:

Kelebihan

  • Pembeli lebih percaya karna dapat langsung datang berkunjung ke toko
  • Berkesempatan mendapatkan langganan karna pembeli dapat melihat langsung bentuk emas yang mau dibeli
  • Dapat lebih meyakinkan jika adanya interaksi langsung dengan pembeli
  • Menerima uang cash tanpa dipotong pihak ketiga sebagai jasa penyedia toko online

Kekuranganya

  • Biaya operasional yang besar jika perlu menyediakan karyawan
  • Rentan terjadi kemalingan di toko apabila tidak digabung dengan rumah tinggal
  • Pangsa pasar lebih sempit

Berikut merupakan penjelasan beberapa alternatif memasarkan produk emas, jika anda memiliki cukup modal untuk memiliki toko online dan offline mengapa tidak diambil. Semakin luas jangkauan pasar semakin tinggi tingkat kemungkinan mendapat keuntungan yang besar.

Modal

Jika dibandingkan dengan membuka usaha lainnya seperti toko baju, toko sepatu maka membuka toko emas tentunya akan membutuhkan modal yang cukup besar. Jika anda sudah menyiapkan modal yang banyak selama ini dan menurut perhitungan anda itu sudah cukup dijadikan bekal silahkan saja. Tidak menutup kemungkinan anda membutuhkan aliran modal dari pihak lain seperti bank.

Hitung secara detail perencaan bisnis anda ini sehingga anda mengetahui berapa modal yang anda perlukan dan bagaimana cara mengembalikan modal tersebut. Bahkan anda sudah harus memiliki hitungan apabila anda mengajukan pinjaman ke pihak eksternal kapan pinjaman tersebut harus dilunasi.

Berikut merupakan kiat penting yang harus diperhatikan bagi anda yang tertarik membuka usaha dibidang toko emas. Jangan salah-salah menganalisa bisnis ditakutkan anda tidak akan sanggup menghadapi resikonya. Selamat mencoba!

Sumber Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Emas

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *