Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship

3 min read

Usaha dropship sangat banyak peminatnya belakangan ini. Walau bisnis online ini sudah lama di mulai tapi masih juga banyak pemula yang berniat untuk membuat usaha dan tertarik dengan jenis usaha online ini. Dropship sendiri merupakan jenis usaha yang terbilang minim modal.

Hal tersebut dikarenakan sebagai penggerak usaha ini Anda hanya menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli.  Berdasarkan survey yang dilakukan ke pada para pemula dalam bisnis dropship, diketahui bahwa memilih produk yang pas dan cocok untuk dropship sangat penting manfaatnya. Berikut Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship.

Sebagai dropshipper Anda memang tidak langsung berhubungan terkait produk yang ditawarkan atau hendak di jual, bukan berarti Anda tidak bertanggung jawab terkait kualitas produk, ketersediaan produk ataupun kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diterima. Justru karna Anda dropshipper Anda menjadi perantara antara penjual dan pembeli sehingga jika terjadi sesuatu dengan barang yang dipesan dan membuat pelanggan komplain maka pihak yang akan bertanggung jawab penuh adalah Anda sendiri.

Karena Anda tidak memproduksi produk yang akan dijual, maka Anda wajib mengetahui dulu kualitas produk tersebut bisa dengan cara membeli. Selain itu, ada banyak cara lain yang perlu Anda perhatikan dalam hal memilih produk untuk dropship. Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship perlu diperhatikan oleh pemula yang tertarik membuka bisnis dropship. Apa saja hal-hal tersebut.

8 Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship

Memilih produk bukan hal yang mudah jika Anda tidak melakukan survey langsung dan memilah mana produk yang cocok dan bagus sesuai dengan bisnis Dropship yang akan Anda bentuk. Sebelumnya sudah di bahas, produk memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan dari bisnis yang dibangun ini. Usahakan Anda tidak salah atau sembarang memilih produk hanya karna mengharapkan untung banyak dengan menjual banyak jenis barang. Beberapa Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship agar Anda mudah menentukan mana produk yang cocok dijual.

Melalukan Riset atau Survey Terlebih Dulu

Hal yang pertama harus dilakukan untuk seorang pemula yang berniat membangun usaha dropship adalah Riset dan Survey. Riset dan survey akan membuat anda mengetahui mana produk yang banyak dibutuhkan dan mana yang kurang ada peminatnya.

Ada pula jenis barang yang banyak peminatya hanya karna sedang zamannya atau sedang tren-trennya. Anda dapat menjual produk ini tapi tidak disarankan hanya bergantung pada produk jenis ini. Pilihlah produk yang menjadi kebutuhan pokok disetiap zaman sekalipun tren sudah berlalu.

Contohnya produk yang bisa dijual di setiap momen tanpa memperhatikan tren yaitu Snack Ringan Kemasan, Makanan Sehat, Kosmetik, Produk Bayi, dll

Menjual Produk Asli

Banyak sekali produk tiruan yang mudah di temukan di pasaran. Produk tiruan dan asli memang memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Disarankan Anda lebih baik menjual produk yang menarik, unik, dan asli. Produk-produk yang unik tentunya akan menarik perhatian beberapa pelanggan. Jika Anda hanya mengorientasikan keuntungan tapi tidak memperhatikan kualitas produk maka Anda akan menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan dan terkesan mendukung pembajakan produk asli. Banyak produk local atau buatan rumahan yang tidak kalah berkualitas dengan produk yang memiliki nama besar.

Contoh produk yang bisa dijual yaitu Sepatu, Dompet, Tas, dll

Memilih Produk yang akan Dibeli Kembali

Tentunya diharapkan semua produk yang Anda tawarkan dalam dropship Anda merupakan jenis produk yang selalu dibutuhkan kembali atau bahkan menjadikan pembelinya berlangganan dengan toko Anda. Maka jika bisa usahakan menjual produk yang akan dibeli kembali. Salah satu ciri produk yang akan dibeli kembali biasa jenis produk habis pakai. Setiap produk tersebut dikonsumsi dan habis secara langsung pembeli akan mengulang pesanannya kembali jika memang sudah cocok dengan kualitas produk yang dijual.

Contoh produk habis pakai yang bisa dipesan kembali ialah Minyak wangi, Skincare, Bahan-bahan masak, dll

Hindari Menjual Produk yang Terlalu Banyak Pesaingnya dengan Kualitas yang Sama

Bagi seorang pemula, bisnis dropship ini tentu perlu memerhatikan pesaing di pasar. Hindari menjual barang yang tidak memiliki ciri khas atau bisa disebut pasaran. Pada awal-awal Anda tentunya belum memiliki pelanggan tetap yang akan memilih produk anda sekalipun banyak pilihan lain yang sama di pasaran. Jadi usahakan hindari produk yang banyak pesaingnya.

Contohnya ialah Produk rumah tangga buatan tangan, Furniture, dll

Pertimbangkan Harga Jual dan Harga Beli

Sebagai penjual kembali suatu produk, Anda harus sangat memperhatikan produk seperti apa dan harga jual berapa yang cocok. Membandingkan antara harga awal Anda membeli produk dari supplier dengan harga jual yang ditentukan untuk produk tersebut penting dilakukan. Bukan hanya mempengaruhi keuntungan, tetapi juga tentang trik penjualan produk tersebut. Jika untung tidak terlalu besar tapi produk laku terjual itu akan lebih membuat usaha Anda panjang dan berkembang.

Produk yang Berciri khas

Seperti dibahas sebelumnya, ditengah banyak dan ketatnya persaingan sesama pengusaha bisnis dropship Anda dituntut memilih produk yang berisikan komponen yang berbeda atau bahkan berciri khas. Maksudnya adalah pembeli akan menjadi hal tersebut pertimbangan saat mereka dihadapi dengan banyaknya pilihan produk sejenis. Kelebihan menjual produk yang memiliki ciri khas lainnya adalah Anda akan membuat pembeli berlangganan dengan produk tersebut. Tidak menutup kemungkinan akan banyak dilakukan pemesanan kembali.

Memilih Produk Berbobot Ringan

Semakin ringan bobot dan ukuran produk biasanya pembeli akan tertarik untuk memilih dan membeli dalam jumlah banyak. Sehingga Anda pun dapat merasakan produk dropship yang menguntungkan dalam hal kemudahan pengiriman. Untuk beberapa pembeli hal ini dilakukan untuk menghindari biaya ongkos kirim yang terlalu besar sehingga pembeli enggan dan perhitungan saat berbelanja banyak di toko Anda.

Memilih Produk yang Pembuatannya atau Suppliernya Berdekatan dengan Lokasi Tinggal Anda

Saat Anda menjadi pihak ketiga antara Pihak Pembeli dan Penjual, Anda akan sering berhubungan dengan keduanya. Hubungan dengan penjual di maksudkan memastikan stock ada, kualitas produk terjaga, pengiriman cepat dan pastinya terkait respond dan pelayanan si penjual sendiri. Jika lokasi supplier yang Anda pilih berdekatan dengan posisi Anda maka komunikasi tersebut akan mudah dijalanan tanpa harus membuang biaya lagi untuk transportasi ke tempat supplier tersebut.  

Berikut adalah Tips Memilih Produk yang Cocok untuk Dropship. Untuk menjadi seorang pembisnis online yang sukses harus ada proses yang dijalani dengan tekun dan konsisten.

Seperti bisnis lainnya, bisnis online pun perlu dilakukan dengan serius dan memperhatikan setiap mekanisme yang menjadi aturan. Banyak sekali referensi tips yang dapat dijadikan panduan jika memang serius menjalaninya.

Ada banyak pengusaha yang gagal dengan menjual produk yang kurang tinggi penjualannya. Jadi pastikanlah Anda melakukan beberapa tips di atas terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih produk mana yang paling cocok dengan usaha dropship Anda. Selamat Mencoba!

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *