Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Tips Memilih Supplier untuk Usaha Dropship

3 min read

Usaha online saat ini banyak memberikan pilihan jenis bisnis untuk para pemula yang ingin membuka usaha tapi minim ilmu dan pengalaman. Untuk setiap orang yang merencanakan akan membuka usaha online akan ditawarkan berbagai jenis usaha online seperti; Toko online di marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID dll), Reseller Produk online (Instagram, Facebook, Grup Whatsaspp, dll), Dropship dan masih ada lainnya usaha online yang di tawarkan saat ini. Untuk usaha Dropship berikut merupakan Tips Memilih Supplier untuk Usaha Dropship.

Menentukan pilihan supplier yang tepat untuk usaha dropship adalah sebuah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda salah memilih supplier atau supplier yang Anda pilih bermasalah, Anda yang akan bertanggung jawab atas masalah tersebut dan akan berurusan dengan pembeli atau pelanggan Anda. Apakah Anda ingin memastikan bahwa Anda telah memilih supplier yang tepat untuk bekerjasama dengan usaha dropship Anda. Berikut Tips Memilih Supplier untuk Usaha Dropship.

Dropship sendiri adalah sistem berjualan dimana Anda tidak perlu memiliki produk untuk dipasarkan, namun cukup mempromosikan lewat internet, Website, ataupun sosial media milik Anda. Jika ada pemesanan, biarkan pembeli transfer ke rekening Anda. Lalu Anda hubungi dan transfer ke supplier untuk mengirimkan barangnya ke alamat pembeli Anda.

Hal yang membuat nilai suatu dropship bagus adalah mendapatkan review dan testimoni yang bagus dari pelanggan, stock barang selalu update, menyediakan barang yang sesuai dengan deskripsi yang di cantumkan, harga yang masih bisa bersaing dipasaran dan proses kirim yang cepat. Diharapkan Tips Memilih Supplier untuk Usaha Dropship dapat membuat usaha dropship anda berjalan lancar.

Tidak sedikit pengusaha yang menjalankan dropship tidak paham terkait mekanisme menjalankan usaha dropshipping.

Ada 9 Tips Memilih Supplier untuk Usaha Dropship yang bagus

Jenis Produk

Saat mencari supplier untuk  bekerjasama, Anda juga harus melihat jenis produk yang disediakan oleh supplier. Pertama, jenis produk bisa mempengaruhi seberapa besar retur barang dari konsumen. Misal barang berbahan kaca yang mudah pecah. Supplier juga tidak dapat memberikan kepastian apakah barang yang sampai ke konsumen dalam kondisi baik atau tidak karena ada ketergantungan dari pihak jasa pengiriman. Jadi semakin sedikit retur barang yang terjadi maka Anda juga akan semakin sedikit berhadapan dengan keluhan dari konsumen.

Produk yang banyak dicari atau memiliki pangsa pasar yang luas sangat dianjurkan dapat dipilih sebagai produk untuk usaha dropship. Tidak menutup kemungkinan produk yang jarang peminatnya tidak bisa dijual sebagai produk dropship.

Kelebihan usaha dropship sendiri yaitu pengusaha bisa memasarkan banyak jenis barang pada toko dropshipnya. Seperti yang telah kita bahas diatas pada bagian tentang menemukan produk untuk dropship, menemukan dropship terbaik berarti menemukan dropshippers yang menjual produk terbaik. Supplier yang memiliki kualitas produk tinggi biasanya memiliki kepuasan pelanggan yang tinggi, pemasaran dari mulut ke mulut, tidak terlalu mengambil banyak keuntungan disetiap produknya, dan ulasan produk yang baik.

Harga yang Ditawarkan Sesuai Perhitungan

Saat Anda sudah menemukan supplier yang tepat dengan kualitas yang bagus, maka selanjutnya tentukan dan sepakati harga. Pastikan Anda memiliki perhitungan yang sesuai agar budget bisa dialokasikan secara maksimal. Orientasi bisnis adalah perihal untung dan rugi sehingga harus benar-benar menimbang dan memperhatikan kemampuan dana.

Negosiasikan dengan supplier untuk mendapatkan harga terbaik dan kesepakatan bersama. Biasanya Anda bisa bernegosiasi berdasarkan jumlah unit yang di pesan, usahakan untuk memahami jumlah permintaan hingga harga di pasaran.

Update terhadap Stock Barang

Seperti yang sudah dibahas diatas, setiap masalah terkait produk yang batal datang, produk yang diterima pelanggan tidak sesuai yang dipesan dan produk yang datang cacat itu akan menjadi tanggung jawab si dropshipper. Seorang supplier tidak akan berhubungan langsung dengan pelanggan dan pembeli sehingga tidak sedikit supplier yang tidak memperhatikan kualitas produknya asal produk yang mereka jual laku dipasaran. Seorang supplier yang bagus akan memperhatikan terkait stock barang yang mereka produksi atau update terkait keterangan barang yang mereka jual.

Waktu Pengiriman Barang Cepat

Pilih supplier yang memiliki tenaga professional terkait pengemasan barang dan pengiriman barang. Usahakan supplier Anda tidak melebihi waktu dari 24 jam untuk mengirimkan barang atau paling lambat 2 hari. Dengan pengiriman barang yang cepat dan pengemasan yang bagus maka pelanggan akan merasa senang dan puas sehingga tidak ragu untuk melakukan pemesanan kedua . Di sisi lain, jika Anda dapat menemukan supplier yang mengirim dropship dengan sangat cepat, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Supplier Tangan Pertama

Jika Anda seorang pengusaha dropship yang tinggal atau berasal dari kota-kota kecil di Indonesia jangan khawatir. Anda dapat melakukan survey di lingkungan Anda kiranya apakah ada toko yang belum memasarkan produk mereka di online marketplace dikarenakan mereka belum melek teknologi. Anda dapat bertanya-tanya atau bahkan membeli produk mereka terlebih dahulu agar Anda tau kualitasnya dan kiranya siapa yang akan Anda pilih sebagai target pasar atas produk tersebut .

Identitas Supplier yang Jelas

Supplier yang bagus seharusnya memiliki alamat dan kontak yang terpercaya. Mereka tidak terkesan menutup-nutupi sebagi bukti bahwa tidak ada niat jelek kedepannya.

Pekerja yang Professional dan Berpengalaman

Salah satu yang terpenting berkualitas atau tidaknya seorang supplier yaitu akan dihubungkan dengan tenaga kerja yang dipekerjakan oleh supplier tersebut. Harus bisa dipastikan bahwa supplier tersebut  ingin dapat dihubungi dan menjawab pertanyaan Anda secepat mungkin, dan mereka bisa memberikan Anda alternatif solusi jika ada masalah yang sedang Anda hadapi.

Garansi atau Jaminan

Sulit menemukan supplier yang menyediakan garansi untuk produk mereka. Hanya beberapa supplier tertentu saja yang berani memberikan tawaran ini. Jarang ada supplier yang bisa memberikan garansi pada dropshipper. Garansi pada umumnya diberikan untuk barang yang diterima pelanggan rusak, maka supplier akan mengirimkan barang penggantinya. Garansi tersebut akan membuat supplier di nilai berkomitmen terhadap kepuasan pelanggan mereka.

Siapkan Lebih dari Satu Supplier

Tips Memilih Suplier untuk Usaha Dropship yang terakhir adalah lebih baik memiliki lebih dari satu supplier. Jika dropshipper hanya memiliki satu supplier maka itu adalah salah satu kesalahan dalam berbisnis. Selain beresiko karna jika stok sedang habis atau tidak tersedia, dengan memiliki lebih dari satu supplier Anda dapat membandingkan harga dengan lebih baik dan yang lebih menguntungkan. Selain itu, Anda juga bisa memiliki masukan-masukan lain untuk dijual jika Anda memiliki lebih dari satu supplier.

Setiap Anda berusaha untuk membuka suatu usaha hendaknya dijalanin dengan serius dan tidak setengah-setengah. Serius dan konsistensi itu sendiri akan membawakan hasil yang baik atas usaha Anda tesebut. Jadi berikut Tips Memilih Suplier untuk Usaha Dropship agar Anda dapat mendapatkan supplier yang bagus. Memang dalam meriset serta mensortir supplier sangatlah penting untuk usaha dropship supaya tidak salah memilih nantinya. Selamat mencoba!

Putri Amalia Lahir tahun 1993 berzodiak virgo. Menyukai film romance yang happy ending. Hobi bicara dan menulis. Berharap banyak pada usaha dan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *